Website Statistics remortgaging Keyboard Berita Tercepat dan Terdepan: 10 Fakta Menarik Dari Buku "The Book of General Ignorance" Keyboard Berita Tercepat dan Terdepan: 10 Fakta Menarik Dari Buku "The Book of General Ignorance" Internet Advertising Charlize Theron Pictures Internet Advertising Charlize Theron Pictures
;

Rabu, 12 Oktober 2011

10 Fakta Menarik Dari Buku "The Book of General Ignorance"

The Book of General Ignorance
10 fakta-fakta yang menarik yang diambil dari buku "The Book of General Ignorance".
Buku "The Book of General Ignorance" disusun oleh John Lloyd bersama John Mitchinson sebagai kepala peneliti, dalam buku ini kita dapat menemukan berbagai fakta menarik yang mungkin sebelumnya telah kita ketahui namun fakta-fakta tersebut ternyata salah atau ternyata kita salah mempersepsinya. Berikut ini 10 fakta yang paling menarik dari buku tersebut.
  1. Jumlah istri Henry VIII
    Raja Inggris Henry VIII
    Berapa banyak istri yang dimiliki oleh Henry VIII?
    Jawabannya adalah dua, bukan enam seperti yang diketahui banyak orang selama ini. Henry VIII adalah raja Inggris yang bertahta antara tahun 1509-1547. Perkawinan keempat Henry dengan Anne of Cleves dibatalkan karena perkawinan tersebut dianggap tidak sempurna secara hukum sehingga diputuskan tidak pernah terjadi, selain itu Anne of Cleves juga sudah bertunangan dengan Francis, seorang bangsawan Inggris dengan sebutan Duke of Lorraine. Pada saat itu, pertunangan sudah dianggap sebagai halangan untuk menikah dengan orang lain.
    Selain itu, artinya masih ada 5 perkawinan lainnya menurut sejarah. Perkawinan kedua henry VIII dengan Anne Boleyn dianggap tidak sah oleh Paus saat itu (pemimpin agama katolik tertinggi) karena sang raja masih terikat perkawinan dengan istri pertamanya, Catherine of Aragon. Henry VIII yang juga sebagai kepala Gereja Inggris juga mengatakan bahwa perkawinan pertamanya (dengan Catherine of Aragon) merupakan perkawinan yang cacat karena seorang pria tidak dapat menikahi janda dari saudara laki-lakinya. Dan alasan itu juga yang ia gunakan pada Catherine Howard, istri kelimanya sehingga akhirnya istri yang dapat dianggap sah adalah dua orang.
  2. Mahluk hidup terbesar
    Jamur Madu
    Mahluk hidup terbesar apakah yang pernah hidup di muka bumi ini?
    Bukan gajah, bukan paus biru (blue whales) dan bukan juga T-Rex! Lalu apa? Mahluk hidup terbesar yang pernah hidup adalah sejenis jamur dan bukan jamur yang langka melainkan jamur yang sering kita temui dengan nama Jamur Madu (honey fungus atau armillaria ostoyae). Jamur terbesar ini tercatat tumbuh di Taman Hutan Nasional Malheur di kota Oregon, Amerika Serikat. Peneliti mencatat pertumbuhannya sampai mencapai luas 890 hektar dengan umur antara 2000-8000 tahun. Mayoritas pertumbuhannya memang dibawah tanah, tumbuh seperti karpet raksasa berupa bagian vegetatif dari jamur tersebut (memiliki fungsi seperti akar dari jamur tersebut). Awalnya jamur raksasa ini dianggap tumbuh dari bagian-bagian yang berbeda namun setelah diteliti oleh para ahli tumbuhan yang bekerja disana ternyata jamur raksasa tersebut tumbuh dari satu jamur, satu jamur raksasa tentunya!
  3. Perubahan warna bunglon
    Bunglon
    Mengapa bunglon berubah warna?
    Bukan karena mereka menyesuaikan warna dengan tempat mereka saat itu seperti yang selama ini diyakini orang-orang. Sebetulnya perubahan warna kulit bunglon lebih dipengaruhi oleh perubahan tingkat emosinya dan perubahan itu terjadi sangat sering sehingga memungkinkan pada akhirnya perubahan warna yang terjadi sesuai dengan tempat dia berada saat itu. Selain itu perubahan warna kulit mereka juga sangat dipengaruhi oleh suhu udara dan cuaca.
    Perubahan warna kulit bunglon juga merupakan alat komunikasi mereka karena perubahan warna terjadi dalam berbagai situasi seperti ketika mereka ketakutan, lapar, berkelahi dan lain sebagainya. Ketika mengintai mangsanya, dalam hal ini serangga, bunglon tidak perlu melakukan banyak gerakan karena kemampuan matanya yang dapat bergerak ke segala arah sehingga mereka tidak memerlukan gerakan kepala untuk mengikuti gerakan mangsa ditambah ukuran lidahnya yang bisa mencapai 2 kali panjang tubuhnya sehingga sangat mudah untuk mereka mencaplok mangsa tanpa bergerak banyak.
  4. Mengenai jenis zat
    Ada berapa macam dan tingkatan zat sebenarnya di bumi ini?
     
    Apakah tiga jenis zat seperti yang diyakini orang selama ini? Padat, cair dan gas? Fakta sebenarnya, ada sekitar 15! Meskipun daftarnya terus bertambah setiap harinya, beberapa contoh : padat, padat tidak berbentuk (amorphous solid), cair, gas, plasma, super-cair, super-padat, zat yang menguap (degenerate matter), neutronium, zat simetris kuat (strongly symmetric matter), zat simetris lemah (weakly symmetric matter), zat kondensat, zat kondensat Bose-Einstein dan "zat asing".
    Yang paling menarik adalah zat kondensat Bose-Einstein (BEC), zat ini terbentuk ketika kita mendinginkan sesuatu dengan ukuran spesifik hingga pada suhu dibawah nol derajat (absolute zero), pada kondisi ini akan terbentuk zat unik. Contohnya, jika kita memasukkan zat BEC ini dalam gelas kimia dan gelas diletakkan pada suhu yang tepat, BEC akan bergerak naik ke permukaan gelas tersebut.
    Hal ini terjadi pada saat suatu zat berada pada atomik level berubah menjadi level yang lebih besar. Beberapa peneliti percaya bahwa kondisi ini muncul akibat dari BEC mencoba mengurangi atau melepaskan massa energinya.
  5. Angka Setan (Number of The Beast)
    The Tower Building, Gedung Parlemen Eropa (European Parliament)
    Angka apakah yang sebetulnya merupakan lambang Setan?
    Jawabannya adalah 616! Selama ini angka 666 adalah angka yang dianggap sebagai angka Anti Kristus. Banyak kalangan menganggap angka tersebut sebagai angka sial, bahkan parlemen eropa membiarkan kurni nomor 666 kosong. Nomor ini muncul dalam kitab Wahyu, bab terakhir dari kitab suci agama Kristen. Namun, pada tahun 2005, terjemahan dari kitab Wahyu paling awal dengan jelas menyebutkan bahwa angka lambang setan adalah 616 bukan 666. Cetakan yang berumur lebih dari 1,700 tahun ini berhasil ditemukan dan diselamatkan dari kota Oxyrhynchus, Mesir dan kemudian disadur oleh seorang ahli sejarah dari Universitas Birmingham, Inggris, bernama Profesor David Parker.
  6. Warna langit bagi orang Yunani kuno
    Langit Keemasan
    Apa warna langit bagi orang Yunani kuno?
    Jawabnya keemasan. Dalam bahasa Yunani Kuno tidak ditemui kata yang memiliki arti "biru". Kata terdekat yang memiliki arti biru adalah glaukos dan kyanos, namun itu lebih menunjukkan intensitas warna (gradasi), bukan arti atau deskripsi sebuah warna. Jadi ketika orang Yunani kuno mengatakan langit itu keemasan, itu lebih bermaksud mengekspresikan bahwa langit bersinar dengan indah, seperti kemilau emas bukan warna emas dalam arti sesungguhnya. Orang Yunani kuno tampaknya memiliki kebiasaan untuk mengekpresikan sesuatu dengan membandingkan dengan hal lain. Jadi adalah mungkin jika orang Yunani kuno menyebut kata "hidup dan segar" untuk "bunga".
  7. Indra manusia
    Indra Manusia
    Berapa banyak indra yang kita miliki?
    Paling sedikit ada 9! Panca indra yang kita kenal selama ini: penglihatan (mata), pendengaran (telinga), pengecapan (lidah), penciuman (hidung) dan perasa/sentuhan (kulit) pertama kali diperkenalkan oleh Aritoteles, dan belakangan ini para ilmuwan telah menyetujui bahwa ada indra-indra lain yang dimiliki manusia, yaitu:
    1. Thermoception - indra untuk merasakan adanya panas pada kulit kita.
    2. Equilibrioception - indra untuk merasakan keseimbangan tubuh, yang ditentukan oleh cairan dalam rongga dalam telinga kita.
    3. Nociception - merasakan nyeri.
    4. Proprioception - "body awareness" yaitu indra untuk merasakan atau mengetahui posisi bagian tubuh tanpa harus melihatnya. Misalnya ketika kita sedang menutup mata dan diminta untuk menggerakan jempol kaki, kita tahu letaknya dimana dan dapat menggerakannya karena kita memiliki indra tersebut.
    Selain itu, belakangan ini para ahli saraf mengemukakan bahwa jumlahnya mungkin lebih dari 9, mereka berpendapatan bagaimana dengan rasa lapar atau haus yang kita miliki, sampai saat ini masih dapat dipastikan dan disepakati, masih berada dalam "area abu-abu".
  8. Bentuk bumi menurut orang-orang abad pertengahan
    Bumi Yang Datar
    Bentuk bumi seperti apa yang diyakini oleh orang-orang abad pertengahan?
    Sudah sejak sekitar abad keempat sebelum masehi, hampir tidak ada satupun dan dimanapun yang percaya bahwa bentuk bumi adalah datar (mereka sebetulnya telah meyakini bahwa bumi itu bulat). Kesalahpahaman ini tidak disadari muncul sejak orang banyak membaca tulisan yang sebagian adalah fiksi, yang berjudul The Life And Voyages Of Christopher Columbus yang terbit tahun 1828, dimana disana ada dinyatakan bahwa Columbus melakukan perjalanan untuk membuktikan bahwa bumi itu bulat dan tidak ada satu orang pun yang dapat membantah teori tersebut. Selama ini orang-orang dari berbagai budaya dan bangsa diseluruh dunia hanya dapat membuktikan bahwa bumi berbentuk bola hanya melalui hitungan matematis dan observasi.
  9. Laron dan cahaya
    Bagaimana sebenarnya reaksi Laron terhadap cahaya?
     
    Sebenarnya laron bukan tertarik terhadap cahaya, justru cahaya sebenarnya membingungkan mereka. Mengapa? Karena laron menggunakan cahaya untuk menjadi petunjuk arah mereka bergerak, mereka menggunakan cahaya matahari atau bulan untuk menunjukkan arah kemana mereka harus bergerak dan membantu mereka untuk dapat terbang lurus. Jadi ketika mereka melihat ada lampu atau cahaya buatan, mereka akan terbang melingkar karena sumber cahaya tiba-tiba berubah. Untuk mengatasi hal tersebut, mereka mencoba meluruskan lintasan arah terbang mereka namun karena sumber cahaya terlalu dekat, yang mereka dapat lakukan hanya terbang berputar-putar.
  10. Daerah paling gersang di muka bumi
    Benua Antartika
    Dimanakah letak daerah paling gersang di dunia?
    Gurun Sahara? Kota Nevada? Bukan! Daerah tergersang di dunia adalah benua Antartika. Sebagian dari benua tersebut bahkan belum pernah mendapatkan hujan selama 2 juta tahun! Gurun secara teknis didefinisikan sebagai suatu area yang mendapatkan curah hujan kurang dari 254 mm per tahunnya. Gurun Sahara mendapatkan 25 mm curah hujan per tahun, keseluruhan benua Antartika mendapatkan jumlah yang sama namun ada bagian yang sama sekali tidak mendapatkan hujan bahkan berjuta-juta tahun. Hal ini membuat Antartika dapat dikatakan sebagai daerah tergersang di dunia, selain itu Antartika juga dapat dikatakan sebagai daerah paling berangin karena kecepatan anginnya dapat mencapai lebih dari 200 meter per jam, tercepat yang pernah tercatat.

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Commnent